Manfaat Nyamuk Untuk Sirkulasi Darah Manusia

Allah Menciptakan Nyamuk Untuk Sirkulasi Darah Manusia

- Benarkah begitu nyamuk bermanfaat untuk manusia? Darimana asal berita ini? Hehe.. mungkin tidak ada berita baik medis atau umum yang berbunyi seperti itu. Ini hanya buah pikiran iseng saya saja, kalau Allah menciptakan makhluk itu pasti ada tujuan dan manfaatnya.Termasuk juga jika menilik berita akhir-akhir ini dimana ada pengobatan alternatif yang menggunakan lintah tertentu yang digunakan untuk menyedot "Darah kotor" manusia dalam proses penyembuhan suatu penyakit.

Nyamuk dan Darah Manusia
Bermula ketika saya asik ketak-ketik keyboard untuk menulis didepan komputer, dan teman setia saya saat malam pun datang, yaitu nyamuk beserta gerombolan kawan-kawannya.

Karena rumah saya itu rumah tua, termasuk semua gorden rumah nya. jadi banyak lubang-lubang rumah yang mudah dimasuki nyamuk, nah jadi jangan heran kalau saya bilang dirumah saya itu banyak sekali tamu yang datang yang bernama nyamuk :D

Kalau saya bandingkan kondisi rumah saya dengan beberapa konsumen saya yang sangat alergi sekali tersentuh nyamuk, sampai ada itu yang membeli kawat nyamuk yang harga nya 800 rb per m2 nya , maka saya pun sering merenung sendiri... kenapa yah kok orang-orang pada takut sama nyamuk secara kelewatan?? Seolah-olah nyamuk itu Monster menakutkan sampai-sampai semua lubang rumah rapat dipasangi kawat nyamuk .

Nyamuk Pembawa Penyakit Malaria dan DBD

Apa mereka takut terkena penyakit malaria atau DBD ? kalau iya kan banyak sudah obatnya ,termasuk obat DBD alami yang saya posting disini : Obat DBD alami ampuh dan murah.
Lagi pula menurut saya mungkin itu nyamuk sebagai peringatan agar kita selalu awas dan giat bekerja pada jam-jam operasi nyamuk pembawa malaria atau DBD tsb ( Yaitu jam 8 sd jam 11 dan jam 14 sd jam 16 sore). Coba kita berfikir , kenapa nyamuk Aedes Aegepty (cmiww) itu tidak keluar di jam tidur manusia ( malam hari ), pastilah tentu ada maksud nya kan ?

Kembali ke topik awal, kenapa saya iseng berfikir kalau nyamuk itu bermanfaat buat manusia ? Tapi bukan manfaat seperti yang selama ini kita tau , yaitu kata nya gara-gara nyamuk , maka jadi ada pabrik obat anti nyamuk , jadi berkah buat orang yang kerja.... Halah... mungkin ada benarnya sih.

Tapi saya berfikir lain, bahwa manfaat nyamuk yang sebagai penghisap darah , tentunya ada manfaat pada bagian-bagian yang berhubungan dengan darah manusia juga.
Jika kita pernah mendonor darah kita, mungkin kita ingat apa yang kita rasakan sebelum dan sesudah mendonor darah. Saya sendiri merasakan lemas sesaat darah saya di hisap oleh jarum suntik donor. Lalu beberapa hari kemudian pusing-pusing sedikit, lalu beberapa hari kemudian nya lagi pusing itu hilang, dan lalu badan terasa lebih segar.
Jika kita tanya sama dokter atau petugas donor darah tentang manfaat donor ,ayo coba apa jawabannya ?Masih ada yang ingat ??
Kalau tak salah ingat yaitu : 1. Melancarkan sirkulasi darah . 2. Menyehatkan badan 3. Sebagai rasa perduli kepada sesama.
Hehe maaf itu cuma karangan saya aja ,kalau benar itu jawaban dokter , berarti daya ingat saya masih oke :D.

Oiya soal donor darah juga, saya jadi teringat ketika salah satu teman saya terluka kena pecahan kaca. Dia panik luar biasa , dan sampai mau pingsan karena melihat darahnya keluar terus dari lukanya. Darahnya itu keluar terus ,saya rasa karena dia panik melihat darah,sehingga jantungnya ber degup lebih keras,sehingga tentu darahnya ter pompa lebih deras,sehingga darahnya terus keluar dari lukanya, sehinggaaaaa... diapun akhirnya mau pingsan hehehe...

Akhirnya saya tenang kan dia dengan berkata begini : "Sobat jangan panik... darah kamu mah belum seberapa yang keluar dari luka mu itu, dulu saya pernah darah saya di sedot sebanyak setengah liter untuk donor darah, dan nyatanya saya sehat aja tuh..."
Ternyata ucapan saya itu ampuh, dia langsung tenang dan darahnya pun mulai berhenti dari luka nya.

Kembali lagi ke soal nyamuk , nah si nyamuk itu kayanya juga berfungsi sebagai petugas donor darah.. see??
Hanya saja nyamuk mengambil darahnya sedikit-sedikit saja. Taruhlah per malam kita di sedot oleh 30 nyamuk @ 0,01 ml , atau per malam = 0.3 ml atau per minggu = 2.1 ml  atau per bulan = 9 ml atau per tahun = 109 ml.  Nah itu kan masih jauh dari yang biasanya kita donor kan ke petugas Palang Merah Indonesia (PMI).
Itupun kalau kita rajin dan sempat waktu nya untuk pergi ke tempat donor darah. Saya aja terakhir donor darah itu kalau tak salah sekitar tahun 2000, atau sudah 14 tahun tak pernah donor darah. Jadi saya mau tak mau berterimakasih juga deh kepada nyamuk yang sudi menyedot saya sedikit demi sedikit, agar sirkulasi darah saya tetap ter ganti dengan darah yang baru .

Anyway.... sekali lagi ini cuma pikiran iseng saya, yang kebenaran tulisan saya tentang Manfaat nyamuk untuk Manusia tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis. Ini cuma opini pribadi yang tidak disarankan untuk diikuti. Anggap aja ini cuma obrolan ringan daripada tidak ada update yang muncul di blog sederhana ini.

Akhirnya ,mumpung masih suasana awal tahun baru 2014 , saya mengucapkan selamat tahun baru 2014.Semoga kita semua tambah sukses dan bersemangat untuk menggapai kesuksesan baik dunia maupun akhirat.

Wassalam
Bahrul Ulum

Silaturahim Sesama Bahrul Ulum

Undangan Silaturahim Sesama Nama Bahrul Ulum

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera buat anda semua,
Saya membuat posting ini tersebab ketidak sengajaan saat saya browsing iseng ketik nama Bahrul Ulum di Google, dan yang muncul ternyata banyak sekali nama Bahrul Ulum.
Bahrul Ulum


Nama itu adalah nama saya, yang kata orang tua saya dulu diberikan nama itu karena saat saya lahir ,orang tua saya mempunyai teman sesama satu pesantren ,dimana teman itu adalah santri yang paling pintar di pesantren Darul Ulum Malang.Kata orang tua  teman nya yang bernama Bahrul Ulum itu rumahnya atau mungkin hijrah nya ke Bali. Nah saking ingin anaknya biar pintar kayak temannya, maka orang tua saya memberikan nama Bahrul Ulum. Dan jadilah sekarang saya dipanggil Bahrul Ulum.

Idul Fitri 2013 Jatuh Pada Tanggal Berapa

Penetapan Idul Fitri 2013 Jatuh Pada Tanggal Berapakah?


Menjelang hari raya Idul Fitri tahun 1434 H atau Thn 2013, tentu para sobat sudah mulai sibuk dengan beberapa persiapan yang memang sudah menjadi tradisi di hampir semua umat Muslim sedunia, terlebih di Indonesia. Mulai dari mengeluarkan zakat fitrah, zakat mal, sampai membuat kue-kue lebaran, membeli baju untuk lebaran dan mungkin juga untuk mudik pulang kampung halaman.

UPDATE 1 SAWAL 1434 H .
Setelah melakukan sidang Itsbat pada hari Rabu 7/8/13, maka Menteri Agama mengumumkan bahwa ketentuan 1 syawal 1434 H adalah jatuh pada hari Kamis, tanggal 08 Agustus 2013.
Dengan demikian bisa dibilang bahwa hampir seluruh umat Islam di Indonesia akan merayakan Idul Fitri di tahun 2013 ini secara bersamaan.
Sungguh merupakan sebuah kebahagiaan jika kita bisa merayakan hari raya Lebaran secara bersama tanpa ada perbedaan hari.

Maka dengan ini  mari kita menghimbau pemerintah agar kiranya menghimpun seluruh instansi yang terkait dengan penentuan hari yang penting ini agar bisa selamanya bersatu dan tidak ada lagi perbedaan hari raya agung umat Islam ini.

Ketupat Idul fitri 2013
Yang tak kalah sibuk adalah para ahli dan ormas Islam beserta jajaran pemerintah dalam menentukan hari Lebaran itu sendiri ( Baca : Penentuan 1 Syawal ).Salah satu ormas Islam : Muhammadiyah untuk tahun 2013 ini ,  telah mengumumkan bahwa tanggal 1 Syawal 1434 H atau 2013 adalah jatuh pada hari Kamis ,08 agustus 2013 (Silahkan baca disini ).

Sedangkan Pemerintah dan sejumlah Ormas Islam lain baru akan melakukan sidang Istbat pada hari Rabu tanggal 07 Agustus 2013 , dan sekaligus mengumumkan nya pada malam itu juga.

Seperti yang kita ketahui ,bahwa cara menentukan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal untuk Muhammadiyah dan beberapa ormas lain adalah memang berbeda pendapat, Lihat disini untuk lengkapnya.

Jadi jika tahun ini hari raya idul fitri nya berbeda lagi , maka kita sudah tidak aneh lagi.
Yang penting kita legowo aja dan bersiap menerima perbedaan itu meski pun mungkin dengan suasana yang kurang sreg atau canggung .

Yang saya harapkan, mudah-mudahan lebaran tahun ini akan sama hari nya.

Akhirnya saya Bahrul Ulum , mengucapkan :
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H - 2013, Taqobalallahu Minnaa wa Minkum, Minal ‘Aidin wal Faizin, Mohon Maaf Lahir Batin.

Jakarta Yang Macet

Atasi Kemacetan Jakarta Sesegera Mungkin

Tulisan tentang Jakarta Yang Macet ini adalah berdasarkan pengalaman saya saat kemarin kamis akan mengirimkan barang dari bekasi menuju sunter jakarta.

Jakarta Yang Macet


Berangkat dari Bekasi jawa barat pukul 13:30 WIB , dan tahukah anda berapa jam yang dibutuhkan untuk sampai di Sunter Jakarta Utara ? EMPAT jam. saudara-saudara.....

Sebenarnya jika lalulintas jalan tidak macet, ke sunter itu biasanya paling lama cuma satu jam. Tapi karena hari itu kata pegawai saya jalanan sangat macet total, baik jalan tol maupun jalan biasa, maka waktu tempuh menjadi molor 4 jam.

Tentu saja barang yang akan dikirim menjadi terlantar dan dibawa pulang kembali.

Sungguh ini tentu sangat merugikan sekali dari sisi ekonomi. Bukan cuma waktu yang terbuang sia-sia. Tapi juga biaya tenaga pegawai, biaya bahan bakar dll.

Nah..pernah kan anda mengalami hal serupa ??

Persatuan Adalah Kunci Kemajuan

Pengganggu Dari Dalam Itu Sangat Merusak

Tersebutlah sebuah keluarga kecil yang damai dan bahagia. Ada dua orang anak dari Pak Imran dan Bu Kinasih yang sudah menginjak dewasa. Nama anak yang pertama adalah Agung, dan Perkasa adalah anak kedua nya.

Persatuan Kunci Sukses
Si Agung ,anak pertama memiliki kelebihan dalam kebijaksanaan dan kepemimpinan. Sedangkan Perkasa lebih pendiam,dan agak kecil perawakannya . Kedua anak itu sama-sama memiliki kecerdasan dan keutamaan dalam menangani permasalahan ,terutama dalam menjalankan roda perusahaan dari kedua orang tuanya.Namun kedua nya pun memiliki kekurangan yang sama, yakni mudah percaya sama orang terdekat yang dianggap sebagai saudara sendiri ( Entah ini disebut kekurangan atau kelebihan).

Sebagaimana perusahaan lain, yang memiliki se gudang masalah, termasuk persaingan yang ketat, maka perusahaan pak Imran pun kerap mengalami apa yang namanya “Serangan” dari perusahaan lain yang ingin menjatuhkan atau yang ingin merebut konsumen setia perusahaan pak Imran.

Karena kedua anak pak Imran sudah memiliki dasar ilmu yang kokoh, maka berbagai halangan pun dapat di atasi dengan mudahnya. Strategi dan kelicikan perusahaan lain yang mencoba menjatuhkan perusahaan , bisa diatasi secara bersama. Dan inilah kunci nya yaitu : Kebersamaan dan kekompakan dua anak pak Imran yang bahu-membahu menahan gempuran dari luar, sembari membangun dari dalam. Semangat kekompakan dan persaudaraan ini pun telah tertanam baik diseluruh pekerja yang ada di perusahaan .


Strategi Merusak dari Dalam

Perusahaan lain, dengan segala daya upayanya yang ingin menjatuhkan perusahaan Imran, rupanya melihat hal ini dan akhirnya memutuskan untuk mulai mencoba merusak keutuhan perusahaan pak Imran dengan cara memecah dua anak pak Imran itu.Maka disusunlah strategi licik yang akan menyusup kedalam perusahaan pak Imran.

Suatu ketika, perusahaan Imran membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di pos baru, dan tanpa ada rasa curiga sedikitpun, perusahaan Imran menerima seorang pegawai baru yang memiliki kapasitas sangat istimewa. Si pegawai baru ini memang sangat menawan, dengan nilai kecakapan yang memang diatas rata-rata.

Bulan pertama sampai dengan kedua, tak ada permasalahan yang terjadi. Hingga pada bulan ketiga, sia pegawai baru mulai melancarkan aksinya yang memang telah diatur oleh perusahaan lain yang licik.
Pegawai baru itu mulai mengatakan kepada pegawai lain bahwa kepemimpinan Perkasa (Sang adik) itu lebih bagus ketimbang si Agung( sang kakak).

Dia pun mulai mulai melancarkan opini-opini yang memikat yang membuat pegawai lain akhirnya banyak yang terbuai dan ikut menyetujui opini si pegawai baru tadi.

Pada bulan ke empat, barulah permasalahan itu muncul. Kini antara adik dan kakak mulai ada cek-cok, dari yang awal nya Cuma masalah kecil hingga ke masalah yang besar. Dan diantara pegawai-pegawai lainnya pun mulai ikut-ikutan berpihak pada salah satu anak pak Imran tsb.

Tentu saja akhirnya perpecahan pun terjadi, mereka lupa bahwa situasi ini memang yang sangat diinginkan oleh perusahaan lain, yang sedang menunggu hal itu terjadi. Perpecahan didalam intern perusahaan sendiri, yang membuat mereka melupakan bahwa ada diluar sana menunggu musuh yang siap melibas .
Kapan kah kita bangun ???
Kapan kita berhenti bertengkar??
Kapan kita sadar??

Musuh disana sedang terus mencekik kita, sementara kita hanya sibuk bertengkar dengan saudara sendiri.
Muslim yang berilmu, pasti tau makna cerita ini...
Salam
Bahrul Ulum

Puasa Fit Dan Sehat Kerja Kuat

Trik Berpuasa Agar Selalu Sehat - FIT dalam Bekerja


Setelah dua hari dari penentuan hari pertama Ramadhan, aktivitas kerja mulai bergerak kembali. Meski ada beberapa kekurangan karena kurang asupan makanan dan minuman, namun tidak membuat kita menjadi malas dan lemas.

Biasanya hari pertama puasa Ramadhan, akan terjadi penyesuaian kondisi tubuh dan juga jiwa. Tubuh kita yang biasanya rutin mendapatkan asupan makanan dan minuman minimal 3 kali sehari dalam waktu-waktu tertentu : Pagi - Siang dan Sore/malam. Kini berubah menjadi : sebelum Subuh dan setelah Maghrib.

Perubahan waktu asupan makanan dan minuman ini tentu saja membuat sebagian organ tubuh menjadi kaget , dan akan mengalami semacam reaksi semisal tubuh menjadi panas dingin, kepala pusing , mulut kering, tenaga berkurang, dll.

Berdasarkan pengalaman saya ,semua reaksi ini akan mereda saat memasuki hari ketiga bulan puasa. Dengan sendirinya tubuh kita akan melakukan penyesuaian.

Mensiasati Pola Makan dan Jenis Makanan/Minuman

Agar tubuh bisa melakukan penyesuaian dengan cepat, dan mampu menjadi pendukung aktivitas kerja sehari-hari, maka kita harus mensiasati pola makan dan gerakan. Titik utama dalam hal ini adalah pada menu makanan saat berbuka puasa, di malam hari dan saat sahur. Dan juga pada jumlah makanan yang kita makan.

Ketika saya lebih banyak bekerja di area tertutup dengan ruangan ber AC , saya biasanya makan sahur dengan sedikit mencampur nasi dengan ketan. Karena ketan akan mampu bertahan lebih lama dalam mengganjal perut.

Dan jika aktivitas kerja lebih banyak berada di luar ruangan, biasanya saya akan lebih memperbanyak konsumsi buah-buahan yang banyak menyimpan air, semisal buah timun suri, semangka, melon , dan sejenisnya.

Untuk Sahur, sebaiknya jangan terlalu banyak makan daging-dagingan , karena lambung kita akan lebih keras bekerja di siang hari, yang akhirnya malah membuat energi kita terserap oleh lambung. Makanlah daging-dagingan ( Ayam,Daging sapi,Ikan dll) sekedar memenuhi kebutuhan protein. Jika ingin berlebih, sebaiknya makan daging-dagingan itu di malam hari setelah Sholat Tarawih.

Untuk berbuka, janganlah berlebihan, cukup sekedar minum air putih atau teh manis dan tiga butir kurma atau kolak manis. Kalau terlalu berlebih, nanti akan lemas dan malas untuk Sholat Taraweh.


Sesungguhnya Puasa nya umat Nabi Muhammad, masih lebih ringan dibanding puasa nya umat-umat sebelumnya. Jadi jika masih ada diantara kita yang tidak berpuasa, maka sungguh sangat lah kita merugi karena tidak menjadi bagian orang-orang yang dipanggil oleh ALLAH sebagai orang Mu'minin.

Salam
Bahrul Ulum

Keputusan 1 Ramadhan 2013 Rabu 10 Juli 2013

Setelah melalui sidang Isbat yang lumayan panjang akhirnya menteri agam RI menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1434 atau tahun 2013 adalah jatuh pada hari Rabu 10 Juli 2013.

Ini pada akhirmya merubah postingan saya sebelumnya disini : Perkiraan 1 Ramadhan 2013 ,  yang saya memperkirakan tanggal 9 juli 2013. Dan sesungguhnya sebagai umat Islam yang masih memiliki UMARO atau pemerintahan yang berpegang teguh pada Syriah Islam ,maka kita seyogyanya mengikuti apa keputusan pemerintah. Apalagi ini menyangkut masalah Ibadah umat Islam yang merupakan termasuk salah satu Peristiwa besar yang meliputi Seluruh Umat Islam di dunia.

Keputusan penetapan tanggal 1 Ramadhan 2013 ini adalah berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan jajaran menteri agama di 30 provinsi di Indonesia, dimana masing-masing melaporkan bahwa Hilal belum terlihat.

Hadir dalam acara Sidang Isbath itu beberapa Ormas Islam diantaranya :
Nahdatul Ulama ( NU)
AL wasliyah
Al Irsyad
Majelis Ulama Indonesia ( MUI)
Dewan Masjid Indonesia
dll yang jumlahnya tak kurang dari 11 Ormas Islam

Semoga seluruh umat Islam dapat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1434 H atau 2013 ini dengan berjamaah, bersama-sama, tanpa ada perbedaan hari. Agar terasa Khusuk dan Ikhlas.
Salam
Bahrul Ulum

Tool Spell Checker Bahasa Indonesia Offline

Alat Periksa Ejaan Bahasa Indonesia Secara Offline


Artikel Tool Spell Chekker Bahasa Indonesia Offline ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika menulis dalam bahasa Indonesia ,yang misalnya untuk membuat analisa pasar di indonesia , yang kadang saya suka salah ketik, baik ejaan kata atau kurang atau kelebihan huruf nya .

Spell Checker Bahasa Indonesia


Menggunakan Microsoft words yang di beri opsi  checker dictionary bahasa Indonesia, kadang bisa bekerja, kadang tidak bisa ( Lihat tips cara menambah dictionary bahasa Indonesia kedalam WORDS disini atau tutorial dalam bahasa Indonesia nya bisa lihat disini ).

Akhirnya saya cari alternatif lain dengan tool atau software gratis yaitu dengan menggunakan fasilitas dari browser Google Chrome.

Trik ini saya tulis ketika saya menulis di dashbor blogspot, saya lihat ada garis-garis penanda dibawah kata yang salah dalam ejaan nya. Lalu saya berfikir bagaimana caranya agar bisa dipakai offline. Ah ternyata bisa!. Tentu saja alat ini nanti penggunaannya lewat browser Google Chrome.

Cara membuat Tool Pemeriksa Ejaan Bahasa Indonesia.

Langkah Pertama : membuat File HTML spellchecker

1.Copy code ini dan pastekan ke dalam notepad.

<!DOCTYPE html>

<html lang="in" dir="ltr">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8">
<style type="text/css">
body{background:#222;}
textarea{margin:10px auto;font-size:16px;padding:10px}
#kotak{width:739px;margin:10px auto;border:1px solid #ccc;padding:10px;
background:rgb(181, 196, 197)}
</style>
</head>
<body>
<div id="kotak">
<div id="dalamkotak">
<textarea rows="80" cols="70">
Silahkan Tulis disini... 
</textarea>
</div>
</div>
</body></html>

2.Lalu save as dengan nama terserah anda : Misalnya : "spelcheckerindonesia.html" . Bila belum tau cara save as file HTML, ini caranya : Klik pada notepad: tab FILE ( di kiri pojok atas) , lalu pilih "SAVE AS" , lalu pada kotak File name , isi dengan : spelcheckerindonesia.html , kemudian di kolom Save As Type, pilih ALL FILES. Baru klik tombol SAVE. ( Save pada folder yang anda ingat, atau pilih saja dekstop)

Langkah dua : Men setting Browser Chrome

Jika chrome di komputer anda default nya dalam bahasa inggris, maka perlu di setting untuk bisa memeriksa ejaan bahasa Indonesia. Caranya sbb :

  1. Klik ikon setting ( Di paling pojok kanan atas browser chrome )
  2. Lalu klik Setting atau Setelan
  3. Cari pada bagian setelan Bahasa , jika tidak ada, klik pada link :" Tampilkan setelan lanjutan... ( Paling bawah halaman )" . Jika sudah ketemu , klik pada tombol Setelah bahasa dan masukan...
  4. Selanjutnya akan muncul jendela, dimana ada dua kolom disana.Pada kolom kiri pilih : bahasa Indonesia. Jika belum ada,  klik pada tombol :"Tambahkan" , nanti akan muncul jendela baru lagi, cari dan pilih pada bahasa Indonesia.Pastikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan untuk pemeriksa ejaan ( Tulisan disebelah kolom kanan).
  5. Klik Tombol Selesai.

Cara menggunakan Tool pemeriksa ejaan kata ini

Kini kita bisa mulai menulis dan memeriksa ejaan kata dalam bahasa Indonesia. Buka file spelcheckerindonesia.html tersebut , dan mulailah menulis di kolom yang ada, atau bisa pula dengan mem paste tulisan dari MS words atau lainnya.

Setiap kata yang salah dalam ejaan, akan diberi tanda garis oleh si browser, dan itu yang harus kita ubah. Untuk mengubahnya bisa dengan mem blok kita yang salah, lalu klik kanan , nanti ada referensi kata yang bisa dipilih, jika tak ada, maka kita bisa mengedit secara manual.


Tool Periksa Ejaan Bahasa Indonesia
Garis titik-titik merah: penanda kata yang salah ketik


Jika ada kata dalam bahasa Inggris, biasanya si browser akan tetap memberi tanda error, itu karena si browser telah kita setting ke bahasa indonesia. Kita tentunya tidak bisa mengubahnya jika memang harus ditulis dalam bahasa inggris. Agar tanda error itu hilang, kita harus menambah kata itu kedalam kamus.

Caranya dengan mem blok kata yang dianggap error, lalu klik kanan dan pilih "Tambah Ke kamus". Setiap kata yang kita tambah ke kamus, akan disimpan di database chrome yang bisa kita edit atau kita tambah manual dengan cara :
Sama dengan cara settingan bahasa diatas, Cuma kita tambah dengan klik link :  Kamus ejaan khusus ( dibawah jendela yang muncul). Dan disitu nanti akan terlihat daftar kata yang pernah kita tambahkan, kita juga bisa menambah kata lain jika kita mau.

Tool Spell checker ejaan Indonesia
Memblok kata bahasa Inggris untuk masuk ke kamus

Apa Manfaat nya dari Sisi SEO?

Menurut yang pernah saya baca (Saya lupa sumbernya) bahwa kekacauan dalam tata bahasa atau banyak nya eror yang ada didalam ejaan suatu artikel bisa mempengaruhi hasil SERP (Search Engine Result Page). Benar atau tidak nya saya kurang tahu. Tapi setidaknya kita telah berusaha untuk membuat nyaman pengunjung blog , karena semua kata telah dibuat dengan ejaan yang benar.

Demikianlah tulisan membuat tool sederhana untuk spell checker bahasa Indonesia Offline ini saya publish.
Semoga bermanfaat

Pemilihan Imam Sholat Yang Benar

Aturan Memilih Imam Sholat Ber jamaah Yang Benar dan Syah


Tulisan tata cara memilih Imam Sholat ber jamaah ini saya paparkan karena saya melihat di banyak Masjid atau Musholla sepertinya tidak memperhatikan masalah yang penting ini. Banyak di antara Imam Sholat yang dipilih adalah sebenarnya tidak memenuhi kriteria sebagai imam Sholat.

Memilih Imam SHolat
Waktu saya masih kecil dulu, saya ingat bagaimana saat guru ngaji saya ( Ustad yang ditua kan di daerah saya) sedang menguji beberapa murid senior yang dianggap sudah pantas menjadi Imam Sholat. Para senior yang siap uji ini adalah murid-murid yang minimal sudah dua kali khatam baca Al-Quran ( Sudah selesai membaca Alquran 30 juz  sebanyak dua kali ).

Ujian pertama adalah masalah Tajwid dan Makhraj dari bacaan atau Qiraah Alquran nya. Tajwid adalah tata cara membaca Alquran ,sedangkan Makhraj  adalah cara pelafalan huruf Hijaiyah (huruf Arab) yang sesuai dengan lidah orang Arab asli Mekah.

Ujian itu menurut Guru saya diperlukan, karena meskipun mungkin sudah 10 kali khatam Alquran, tapi jika makhraj nya kurang bagus, maka dia belum pantas menjadi Imam. Makhraj ini memang yg agak sulit disempurnakan, karena mungkin lidah orang Indonesia tidak bisa disamakan seratus persen dengan lidah orang Arab asli.

Contoh pada orang didaerah tertentu, umumnya agak sulit melafalkan huruf dzal dan zai ( menjadi J ). Atau orang di tempat lain yang agak sulit  melafalkan 'Ain (menjadi "Nga"), dan juga kurang pas (agak kurang tebal bunyi akhiran nya) dalam mengucap huruf J (hampir mirip dengan bunyi C ) , huruf D (hampir mirip dengan bunyi T ) dan huruf B ( (hampir mirip dengan bunyi P ).

Jika sudah lulus dalam ujian Tajwid dan Mahkraj, ada hal lain yang mesti dipenuhi , yaitu ilmu pengetahuan agama Islam yang cukup. Minimal sudah tau dasar-dasar rukun Sholat, Rukun Wudhu, dll . Yang dalam tatanan palajaran kitab kuning, ada itu yang namanya Babul Minan dan Irsyadul Anam.
Kedua kitab dasar itu berisi tuntunan beberapa rukun dan syarat atau aturan-aturan dasar yang penting dalam menjalankan ibadah Islam, termasuk didalamnya tuntunan Sholat. ( Baca tentang Cara Sholat Yang benar disini )

Jika seorang Imam Sholat tidak mengetahui hukum-hukum dasar Ibadah Islam ( yang juga disebut ilmu Fiqih), maka tentu saja ke absahan Sholat nya pun menjadi diragukan.Yang saya maksud disini adalah Sholat berjamaah ,terutama Sholat Fardhu.( Baca tentang Sholat sunnah disini )
Contoh : Misalnya sang Imam tidak tahu bagaimana cara Wudhu yang sah, maka tentu saja salah satu syarat syah Sholat nya tidak akan terpenuhi . Atau mungkin si imam tidak tau rukun Istinja ( aturan dalam membersihkan diri dari Najis), ini yang fatal karena tentu saja Sholat nya bisa batal.

Kenapa Aturan dalam memilih Imam Sholat Ini Begitu Penting?

Ketika Imam Sholat dipilih , maka dia akan menjadi penanggung jawab seluruh Ma'mum yang hadir di situ. Jika imam adalah orang yang tidak faham betul masalah ilmu Agama(qiraah dan fikih) , maka tentu saja nilai dari kesempurnaan Sholat berjamaah akan sangat berkurang.

Syarat Imam Sholat menurut Ulama Imam Mazhab

Imam adalah seorang pimpinan Sholat, jadi sudah semestinya harus yang memiliki kelebihan diantara orang-orang yang akan Sholat berjamaah. Beriku ini saya kutip tulisan dari website malang.pesantren.web.id :

Melihat dari Hadist Nabi Muhammad saw. yang diriwayatkan oleh Abu Mas'ud Al-Badri, yg artinya :

"Yang boleh meng imami kaum itu adalah orang yang paling pandai di antara mereka dalam memahami kitab Allah (Al Qur'an) dan yang paling banyak bacaannya di antara mereka. Jika pemahaman mereka terhadap Al-Qur'an sama, maka yang paling dahulu di antara mereka hijrahnya ( yang paling dahulu taatnya kepada agama). Jika hijrah (ketaatan) mereka sama, maka yang paling tua umurnya di antara mereka".

Sahabat Nabi saw. yang paling banyak memahami kitab Al-Qur'an sudah tantu ialah orang yang paling banyak pengetahuannya akan ilmu fiqih. Karena mereka membaca dan menghafal ayat Al-Qur'an dan mempelajari hukum-hukum nya. Oleh karena shalat itu memerlukan keabsahan pada : bacaan Al-Qur'an dan fiqih, maka orang yang paling ahli dalam membaca Al-Qur'an dan juga yang paling ahli fiqih harus didahulukan dari yang lain.

Jika salah seorang di antara para ma'mum lebih pandai(Fasih) dalam membaca Al-Qur'an dan lebih pandai dalam ilmu fiqih, maka dia harus didahulukan dari pada lainnya.

Jika salah seorang di antara para ma'mum ada yang lebih pandai dalam ilmu fiqih, sedang yang lain lebih pandai dalam membaca Al-Qur'an, maka yang lebih pandai dalam ilmu fiqih adalah lebih utama. Karena barangkali dalam shalat tersebut terjadi sesuatu kejadian yang memerlukan kepada ijtihad ( hal dalam memutuskan suatu perkara).

Untuk lebih detail dalam masalah tatacara memilih Imam Sholat bisa langsung  lihat disini :  http://ppssnh.malang.pesantren.web.id

Kesempurnaan Sholat Untuk Mendapatkan Pahala dan Ridho Allah yang Maksimal

Dari paparan singkat yang saya nukil diatas, sudah jelas bahwa untuk memilih Imam Sholat itu tidak bisa sembarangan pilih. Bukan yang sekedar paling tua atau yang paling di hormati di daerah itu. Tapi ada syarat-syarat seperti yang saya paparkan diatas.

Tapi repotnya untuk kita-kita yang muda, yang sudah membaca atau yang sudah mengetahui masalah syarat Imam Sholat ini, kadang agak risih jika harus menegur atau mempersoalkan hal ini. Kadang kita yang muda merasa takut menyinggung perasaan para orang tua yang mungkin tidak tau masalah ini, atau yang sudah tau tapi tidak menjalankan aturan sesuai dengan ilmu nya.

Kalau sudah begitu, lalu bagaimana sikap kita ??
Silahkan kirimkan pendapat anda di kolom komentar ya...


Semoga ada manfaat dan mendapat Ridho dari Allah SWT.
Salam
Bahrul Ulum

Maukah Bayar BIaya Hosting Blogspot

Jika ada opsi bayar, maukah anda bayar biaya hosting blogspot-Blogger-Google?

Google Blogspot


Sebuah pertanyaan yang bisa saja terjadi dalam waktu yang sulit diprediksi.

Kenapa saya tuliskan hal ini?

Alasan pertama adalah saat saya mengetahui bahwa google apps telah meniadakan fasilitas email domain sendiri yang awalnya gratis,kini tidak lagi.

Lalu saya dengar lagi kalau fitur Google reader pun telah dihentikan.

Note: Saya bukan orang Google,hanya saja saya punya banyak akun domain di google. Jadi sayang kan kalau blogger harus dihilangkan....

Kalau bisa jangan sampai terjadi seperti halnya situs VOX , Yahoo Site,  dan banyaklainnya yang terpaksa dihentikan karena mungkin owner nya mengalami kerugian.

Nah jika fasilitas gratisan dari blogger berupa sub domain dan hosting juga ditiadakan, atau minimal harus membayar, kira-kira
Bersediakan anda membayar ?
Berapa rupiah besarnya ?
Apa alasan nya ?