Tips Renovasi Jelang Lebaran

Tips Renovasi Rumah Menjelang Lebaran Idul Fitri

Tips renovasi rumah jelang lebaran menjadi salah satu persiapan menyambut hari raya Idul Fitri. Pasalnya pada hari kemenangan tersebut sanak saudara biasanya akan datang berkunjung. Tentu selaku tuan rumah Anda tidak ingin tamu yang datang merasa terganggu dengan kondisi rumah yang terlihat kusam dan kotor bukan. Karena itulah, bisa jadi diperlukan sedikit renovasi agar rumah terlihat lebih bersih dan rapi. Renovasi rumah jelang hari lebaran bahkan sudah menjadi rutinitas yang mesti dilakukan bagi beberapa orang.

Ingin renovasi rumah untuk persiapan sambut lebaran? Berikut diberikan beberapa tipsnya:

Mengecat Ulang Rumah


Mengecat Rumah
Mengecat Rumah
Satu pilihan cepat dan mudah supaya rumah terlihat bersih menjelang lebaran yaitu dengan mengecat ulang rumah. Bagi Anda yang sudah terbiasa mengecat sendiri, tentu bisa berhemat tanpa harus menyewa jasa tukang atau kontraktor. Dengan demikian, budget renovasi bisa dialihkan guna memenuhi kebutuhan lebaran yang mendesak. Namun, mengecat ulang tidak harus dilakukan pada seluruh bagian rumah. Cukup pilih sudut-sudut ruang tertentu yang kiranya cat dindingnya mulai memudar. Untuk hasil lebih maksimal sempatkan pula mengecat ulang bagian depan rumah, seperti mengecat pagar dan pintu depan yang kerap jadi sorotan pertama.


Singkirkan dan Rapikan Perabotan


rapikan perabotan
Rapikan perabotan
Tips selanjutnya singkirkan dan rapikan perabotan yang sekiranya tidak begitu dibutuhkan. Anda bisa memulai dari ruang tamu, ruang keluarga, lalu ruang makan. Kemas barang yang sudah tidak digunakan, simpan dalam kardus dan buat daftarnya. Tujuannya bila sewaktu-waktu Anda membutuhkan bisa cepat mencarinya. Guna menghindari kebosanan coba atur ulang tata letak barang di ruangan. Pasang foto keluarga baru, lukisan, atau figura kaligrafi untuk mengisi dinding yang tampak kosong. Sudut ruangan Anda pasti bisa tampil baru dan tidak monoton dengan tips renovasi rumah jelang lebaran.



Perbarui Taman Depan


TAMAN DEPAN RUMAH
TAMAN DEPAN RUMAH
Bila di bagian depan rumah Anda terdapat taman, sempatkan pula untuk melakukan perbaikan. Pasalnya taman di depan rumah juga menjadi titik pertama yang dilihat oleh tamu yang datang berkunjung. Taman depan mesti terlihat rapi guna memberi kesan baik kepada tamu. Tidak harus dengan membeli tanaman baru. Cukup rapikan rumput, potong bila dirasa sudah panjang, cabut tanaman liar yang tumbuh, dan lakukan penanaman kembali tanaman yang sudah terlalu lebat. Simpel dan mudah bukan.




Perbaiki Kerusakan


Perbaiki Kerusakan
Perbaiki Kerusakan
Tips renovasi rumah jelang lebaran yang tidak kalah penting perbaiki kerusakan. Bila Anda menemui adanya beberapa kerusakan di rumah misal atap bocor, selot pintu rusak, kran rusak, atau lainnya segera lakukan perbaikan. Hal ini agar setiap fungsi di dalam rumah bisa tetap optimal. Terlebih bila rumah Anda mendapat giliran untuk menjamu tamu. Tentu semua fungsi di rumah mesti mendukung kebutuhan tamu. Karena pada saat berkumpul lebaran terkadang ada pula tamu yang ingin pergi ke kamar mandi atau lainnya. Jadi pastikan pula saluran air dan sanitasi tetap lancar.


Bersihkan Kamar Tamu


Tamu yang datang berkunjung tidak jarang menginap untuk beberapa hari. Karena itu, Anda perlu membersihkan ruang tamu bila memang ada. Bersihkan ruang kamar, jemur kasur, ganti seprei dan tirai jendela dengan yang baru. Pastikan tidak ada kotoran atau debu menempel. Tujuannya supaya tamu bisa nyaman beristirahat di rumah Anda.

Sentuhan Tema Baru


Sebelumnya menerapkan konsep baru di rumah agar tidak terkesan monoton sering dianggap dengan merombak konsep secara total. Padahal untuk memberikan tampilan baru di rumah bisa dilakukan dengan memberi sentuhan kecil tema baru. Misalnya Anda bisa memberi sentuhan kontemporer segar dalam rumah Anda. Anda bisa menggunakan taplak, sarung bantalan sofa, dan pernak-pernik dengan tema baru yang senada. Namun, usahakan tetap konsisten dengan tema yang sudah dipilih. Agar bisa saling mendukung dan menguatkan konsep yang ingin diusung.

Demikian beberapa Tips renovasi rumah jelang lebaran yang bisa dijadikan panduan. Melakukan renovasi memang tidak harus menghabiskan budget besar. Renovasi menjelang lebaran juga tidak berarti melakukan perbaikan besar-besaran bila memang belum dibutuhkan. Sekian tips kali ini. Semoga memberi tips bermanfaat dan selamat menyambut hari raya Idul Fitri.

No comments:

Post a Comment

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..