Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan

Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan


Memasuki bulan suci Ramadhan, umat muslim tentunya menyambut dengan gembira kehadiran bulan penuh berkah tersebut. Dimana Allah pun menjanjikan pahala berlipat ganda bagi semua amalan ibadah yang dilakukan pada bulan suci. Tak sedikit pada akhirnya umat muslim berlomba-lomba melakukan berbagai amal ibadah untuk meraih ridho Allah. Anda pun pada akhirnya juga berpikir hal yang sama, yaitu berlomba-lomba melakukan kebaikan pada bulan mulia satu ini.

Tips SEHAT Bulan Puasa


Pada bulan Ramadhan pula, kewajiban berpuasa diturunkan kepada para umat Nabi. Seluruh umat muslim berpuasa menahan haus, lapar serta nafsu yang dimiliki. Berbeda dari bulan-bulan lainnya, pada bulan ini tentunya pola makan Anda berubah drastis, dimana Anda tak mungkin mengkonsumsi makanan pada siang ataupun pagi hari. Sebagai gantinya, Anda diberikan kesempatan untuk sahur pada dini hari serta berbuka di  waktu maghrib.

Bagi sebagian orang, perbedaan ini tentunya harus disiasati secara seksama. Pasalnya ada beberapa aktivitas yang tentunya tak mungkin ditinggalkan seperti bekerja ataupun kuliah. Aktivitas tersebut tentunya memerlukan energi yang besar agar tak membuat Anda tumbang seketika. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan sehat yang bisa dijadikan sumber energi pada siang hari. Mengatur pola makan seperti ini dapat membuat Anda memiliki energi cukup serta terhindar dari penyakit.

Sebagai tips sehat untuk Anda yang ingin tetap bugar dan aktif pada bulan Ramadhan, berikut beberapa hal yang bisa Anda terapkan.

1.   Konsumsi air putih yang cukup


Tubuh kita sebenarnya terdiri dari air dan membutuhkan air agar terhindar dari dehidrasi. Kasus dehidrasi sendiri sangat rentan terjadi selama bulan suci Ramadhan, mengingat begitu tingginya aktivitas yang tak dibarengi konsumsi air putih. Tips satu ini menganjurkan pada Anda untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, yakni 2 liter sehari. Pada saat berbuka puasa, sangat dianjurkan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.

2.   Menu sahur yang sehat


Banyak orang memang yang melewatkan waktu bersantap sahur dan sengaja tidak bersahur. Padahal Rasulullah mencontohkan santap sahur sebagai sunnah yang sangat baik dilakukan di akhir waktu menjelang imsak. Sebagai menu sehat untuk bersantap sahur, para dokter sepakat sumber karbohidrat harus dipenuhi. Ada baiknya memperbanyak konsumsi sayur serta buah-buahan sebagai sumber vitamin alami bagi tubuh. Bagi Anda yang memiliki waktu di awal siang, cobalah beristirahat agar energi terjaga sampai waktu berbuka tiba.

3.   Jangan berbuka berlebihan


Kebiasaan kita adalah seringkali kalap ketika waktu berbuka hendak tiba. Berburu takjil acapkali menjadi ajang kalap mata, sehingga tak jarang membeli menu berbuka berlebihan. Tak dilarang memang, namun ada baiknya berbuka dalam porsi secukupnya. Jangan langsung pula mengkonsumsi makanan berat dan dalam kadar berlebihan. Hal tersebut tidak hanya menimbulkan rasa ngantuk berlebihan ketika tarawih, juga dapat mengganggu sistem pencernaan. Tips sehat berpuasa satu ini menganjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan ringan saat berbuka, seperti kolak, sup ataupun menu pembuka lainnya. Tunggulah sampai makanan tersebut tercerna, baru Anda bisa mengkonsumsi makanan berat lainnya.

4.   Pilihlah makanan sehat


Momen Ramadhan menjadi momen terbaik untuk Anda yang ingin menerapkan diet sehat. Waktu berbuka adalah pilihan waktu yang terbaik untuk melakukan diet sehat, yakni menghindari konsumsi makanan manis terlalu banyak. Makanan manis dalam jumlah besar tidak hanya mengganggu pola makan Anda, tetapi juga tidak mengenyangkan sama sekali. Mengikuti sunnah Rasul, Anda dapat memilih kurma sebagai santapan berbuka yang paling baik.

5.   Jagalah fisik Anda tetap bugar


Selama bulan Ramadhan tidak ada larangan untuk melakukan olahraga secara teratur. Hanya saja, Anda tetap harus memperhatikan penggunaan tenaga seminimal mungkin. Hal ini guna menghindari terjadinya dehidrasi dan energi tubuh yang terkuras secara sempurna. Anda dapat memilih jenis latihan yang baik dan sesuai dengan kapasitas tubuh saat berpuasa. Bila Anda tetap ingin berolahraga, pilihlah waktu yang tepat, yakni sore hari menjelang waktu berbuka. Dengan begini, Anda tetap bisa bugar dan sehat selama berpuasa.

Demikian lah artikel Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan ini saya paprkan yang semoga bermanfaat buat kita semua.

No comments:

Post a Comment

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..