Persiapan Sambut Lebaran

Persiapan Mengecat Rumah Sambut Lebaran

Bagaimana persiapan mengecat rumah sambut lebaran? Menjelang lebaran memang tidak cukup dengan mempersiapkan baju baru saja. Apalagi bila lebaran tahun ini merupakan giliran Anda menjadi tuan rumah untuk menyambut sanak keluarga. Pastinya Anda perlu menata ulang rumah agar terlihat rapi dan bersih. Sehingga tamu yang datang merasa nyaman. Adapun salah satu cara alternatif yang sering dipilih yaitu dengan mengecat ulang rumah.

Mengecat Rumah Saat Jelang Lebaran


Kegiatan mengecat ulang merupakan salah satu bagian dari merenovasi rumah , dan efektif menyegarkan tampilan rumah dan menghadirkan kesan rumah yang lebih rapi. Namun, meski terlihat mudah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengecat rumah. Berikut diantaranya:

Pilih Skema Warna Keseluruhan

Rumah merupakan suatu kesatuan. Meski rumah Anda memiiki banyak ruang yang berfungsi berbeda, tetapi tidak dibenarkan untuk memisahkan setiap ruang begitu saja. Hal ini pun berkaitan dengan pemilihan warna cat dinding. Untuk mengecat rumah menjelang lebaran pilih skema warna secara keseluruhan yang mampu menonjolkan ciri khas rumah Anda. Maksudnya pemilihan warna di setiap ruang tidak bertentangan melainkan bisa saling menguatkan satu sama lain. Dalam hal ini Anda bisa memilih gradasi warna dengan grade yang berdekatan. Adapun bila ingin memberikan sentuhan warna kontras sejatinya sah-sah saja selama masih terlihat serasi.


Fungsi  Ruangan Jadi Pertimbangan

Dalam pemilihan warna cat pertimbangkan pula mengenai fungsi ruangan. Pasalnya beberapa warna didapati sesuai untuk ruang tamu atau ruang keluarga, tetapi tidak sesuai untuk ruangan lain. Sebaliknya, ada pula warna-warna yang tidak sesuai untuk ruang tamu atau ruang keluarga tapi cocok untuk ruang makan. Karena itu Anda mesti jeli memilih warna untuk kebutuhan mengecat rumah sambut lebaran.

Tren Warna Populer

Mengikuti tren warna populer tidak lantas akan membuat rumah Anda bakal terlihat sama dengan rumah orang lain. Anda bisa coba mengikuti tren warna populer atau memberikan sentuhan kreasi sendiri. Anda bebas berkreasi dengan warna sebanyak mungkin. Namun tetap pertimbangkan keserasian dan kesesuaikan dengan konsep rumah yang diusung, sehingga rumah Anda bisa tampil menarik di hari lebaran.

Pertimbangkan Warna Atap Rumah

Bila Anda bingung memilih warna dinding yang tepat, gunakan warna atap rumah sebagai patokan. Bila atap rumah Anda berwarna netral seperti warna abu-abu, Anda bebas memilih warna untuk dinding rumah. Hal ini karena warna atap abu-abu cukup fleksibel dan netral untuk disandingkan hampir dengan semua warna. Sebaliknya, Anda mesti berhati-hati memilih warna dinding bila atap rumah Anda berwarna merah atau cokelat. Kedua warna tersebut bisa tampil sangat serasi dengan beberapa warna, namun bisa pula terlihat bertabrakan dengan warna yang lain.

Warna Perabotan

Warna perabotan yang ada di dalam rumah bisa pula dijadikan patokan memilih warna dinding yang pas. Tentu untuk persiapan mengecat rumah sambut lebaran Anda tidak mesti membeli perabot baru bukan. Karenanya warna cat yang dipilih mesti menyesuaikan sejumlah perabotan yang sudah ada. Kecuali Anda berencana menjual sejumlah perabotan dan membeli yang baru agar rumah tampil beda. Namun, untuk melakukan hal tersebut tentu Anda membutuhkan waktu dan budget lebih. Jadi pertimbangkan secara matang lebih dulu.

Sesuaikan dengan Konsep Rumah

Sebenarnya apapun pilihan warna Anda sesuaikan dengan konsep rumah yang ingin diusung. Dengan pemilihan warna tepat, konsep rumah akan terlihat menonjol kuat dan sebaliknya. Bila kali ini menjadi kali pertama Anda dan masih mendapati kebingungan tentu tidak ada salahnya pula berkonsultasi dengan ahlinya. Misalnya Anda bisa bertanya kepada desainer intertior profesional.

Itulah beberapa persiapan yang mesti dipertimbakan bila Anda ingin mengecat rumah sambut lebaran. Perlu dicatat mengecat ulang di sini tidak berarti harus mengecat seluruh bagian rumah Anda. Bila budget terbatas cukup lakukan pada sudut ruang yang memang membutuhkan seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Membangun suasana baru di rumah memang tidak harus dilakukan dengan melakukan perobakan besar-besaran. Seringkali mengecat ulang rumah dengan warna baru memberi hasil efektif. Dengan mengecat ulang rumah Anda pastikan juga akan terlihat lebih bersih dan rapi di hari kemenangan Idul Fitri. Sekian ulasan tips kali ini. Semoga memberi ulasan menarik dan selamat sambut lebaran.

No comments:

Post a Comment

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..