Makanan Penjaga Kesehatan Selama Ramadhan

Makanan Penjaga Kesehatan Selama Ramadhan

Pada bulan Ramadhan, umat muslim memang diwajibkan untuk berpuasa. Mereka diharuskan menahan lapar, haus dan nafsu mulai dari fajar menyingsing hingga terbenamnya matahari. Di Indonesia sendiri, waktu berpuasa tersebut berkisar antara 12 hingga 13 jam. Berbeda dengan negara lain yang berada di belahan bumi sebaliknya, mereka bisa berpuasa hingga 20 jam sehari. Cukup lama memang, namun rasanya tetap tak mampu mengurungkan niat para kaum muslim untuk melakukan ibadah puasa.

Memasuki bulan suci Ramadhan, tak banyak orang yang merasa perlu melakukan persiapan tertentu memang. Namun, tidak ada salahnya bukan bagi Anda yang tetap ingin bugar supaya menerapkan beberapa tips sehat selama berpuasa. Tujuannya tentu tak lain dan tak bukan agar aktivitas berjalan lancar, namun energi tetap terjaga hingga waktu berbuka tiba. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga pola makan sehat yang selama ini Anda terapkan.

Seperti yang kita ketahui, pada saat berpuasa asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pun biasanya terbatas. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tak memperhatikan pula kualitas makanan yang Anda konsumsi. Makanan sehat tetaplah menjadi menu makan Anda ketika berbuka maupun sahur di dini hari. Pasalnya tubuh tetaplah memerlukan asupan nutrisi, vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup untuk dapat melakukan aktivitas tubuh secara maksimal. BACA TIPS Tetap Sehat Selama Bulan Ramadhan disini

Setidaknya, ada beberapa macam makanan yang sangat baik dikonsumsi selama bulan Ramadhan, seperti.

Mengkonsumsi Madu Secara teratur

MADU UNTUK KESEHATAN
Madu
Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi madu 1 hingga 2 sendok makan dalam sehari dapat membantu kebugaran tubuh? Hal ini dikarenakan madu mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi, bahkan termasuk tertinggi di dunia. Data ini diketahui berdasarkan tes oRAC yang dilakukan terhadap madu itu sendiri. Selain mengandung zat antioksidan, madu pun terbukti terdiri dari flavonoid dan phytochemical yang baik bagi kesehatan Anda. Mengkonsumsi madu saat berbuka dan sahur dapat dijadikan sumber energi hingga waktu berbuka, serta anti bakteri alami bagi tubuh.




Makan Kurma Yang merupakan Sunnah Nabi

Buah Kurma
Buah Kurma
Di Indonesia, kurma seringkali dijadikan takjil atau menu berbuka puasa oleh beberapa orang. hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan, mengingat kandungan fruktosa dan glukosa yang sangat tinggi dalam kurma. Sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti energi yang hilang selama berpuasa. Kandungan kalium di dalam kurma pun mencapai 64%, lebih tinggi daripada kandungan kalium di dalam pisang sendiri. Tak hanya itu, Anda pun bisa merasakan manfaat beta D-glukan dalam kurma dan serat larutnya. Itulah mengapa dianjurkan mengkonsumsi kurma bagi Anda yang tengah menjalankan diet.

Minyak zaitun Yang Banyak manfaat

Minyak zaitun
Minyak zaitun
Kita mungkin tidak begitu terbiasa menggunakan minyak zaitun dalam proses masak memasak. Padahal manfaat yang terkandung di dalam minyak zaitun sangatlah tinggi. Salah satunya adalah untuk mengusir atau mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Pasalnya minyak zaitun mengandung kolesterol baik yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, minyak zaitun pun mengandung asam lemak oleat serta omega 3. Zat antioksidan di dalam minyak ini sangat bagus dipilih untuk memproses masakan yang hendak Anda konsumsi.




Makan Ikan Berguna Untuk meningkatkan fungsi otak

Makan Ikan Berguna Untuk meningkatkan fungsi otak
Konsumsi ikan seringkali diabaikan oleh beberapa orang dalam menu makanan hariannya. Seperti yang kita ketahui, ikan sebenarnya sangat tinggi kandungan EPA dan DHA. Kedua kandungan tersebut diketahui sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama meningkatkan fungsi otak. Di samping itu, Anda pun bisa merasakan kesehatan jantung yang meningkat dan peradangan yang membaik. Adapun jenis ikan yang sangat baik untuk dikonsumsi adalah ikan cod, salmon, dan nila.




Manfaat Buah Ara

Buah Ara
Buah Ara
Buah yang satu ini memang tidaklah populer di kalangan masyarakat Indonesia. Alhasil kita pun jarang mengkonsumsi buah yang sangat berkhasiat satu ini. Berdasarkan penelitian, buah ara adalah buah alkali yang mampu menyeimbangkan pH tubuh. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita mengandung asam yang cukup tinggi, sehingga perlu diseimbangkan. Tak hanya itu, buah ara pun terdiri dari magnesium, kalium, kalsium dan zat besi yang baik bagi tubuh kita. Sudah terbayang bukan bagaimana cara menjaga kesehatan selama bulan suci Ramadhan?

No comments:

Post a Comment

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..