Ketetapan Hari Raya Idul Fitri 2015

Ketetapan Hari Raya Lebaran  Idul Fitri 2015 / 1436 H

Seperti tahun-tahun sebelumnya , ketika menjelang 1 syawal atau hari raya Idul Fitri, maka pemeritah Indonesia lewat kementerian agama beserta ormas-ormas Islam akan melakukan secara bersama penetapan hari dan tanggal untuk satu Syawal sesuai dengan kalender masehi.

Selamat Lebaran


Ketetapan Hari Raya Idul Fitri 2015 Menurut Muhammadiyah

Untuk tahun 2015 masehi atau tahun 1436 H , salah satu Ormas besar Islam di Indonesia , yaitu Muhammadiyah lewat   Pimpinan Pusat Muhammadiyah sesuai dengan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah memastikan 1 Syawal 1436 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada Jumat 17 Juli 2015.  .

Ketetapan Hari Raya Idul Fitri 2015 Menurut Nu ( Nahdatul Ulama ) dan Pemerintah

Sedangkan pemerintah baru akan menetapkan kapan tanggal hari raya Idul Fitri 1436 H setelah adanya sidang Isbat yg didahului dengan beberapa tahapan yang diantaranya lewat metode Rukyat ( meneropong pergerakan bulan ).

Jika menelaah pada perhitungan hilal untuk mengetahui awal Ramadhan tahun ini. Tinggi hilal pada malam Rabu terlihat -2,32°, artinya pada saat matahari terbenam hilal masih belum terlihat. Sedangkan di malam kamis hilal baru terlihat dengan tinggi hilal 10,15°, yang berarti hilal sudah berwujud dan sudah lebih dari batas maksimal yakni 2° dan telah siap untuk bisa di rukyat (kedua metode: wujud dan rukyat, terpenuhi), sekaligus menjadikan jatuhnya awal Ramadhan 1436 H pada hari Kamis, 18 Juni 2015 M.

Begitu juga dengan menentukan jatuhnya Idul Fitri 1 Syawal 1436 H dengan mengikuti hasil perhitungan di atas, tinggi hilal pada malam Jumat 3,62°, yang berarti hilal sudah berwujud dan bisa dilihat lantaran sudah melebihi batas minimal 2° (kedua metode: wujud dan rukyat, terpenuhi), maka hari Raya Idul Fitri 1436 H jatuh pada hari Jumat, 17 Juli 2015 M.

Kesimpulan

Kapanpun hari raya Idul fitri 2015 ini ditetapkan , yang pasti kita umat Islam di Indonesia khususnya dan diseluruh dunia pada umunya akan dengan riang gembira merayakan Hari raya Idul Fitri setelah satu bulan penuh melaksanakan ibadah Puasa.

Akhirnya saya mengucapkan Taqobbalallahu minna wa minkum Taqobbal Ya Kariim , Minal Aidin wal Faidzin, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan segala dosa kita diampuni untuk kembali bersih selayaknya bayi yang tak punya dosa. Aamiiin

Sumber :

  • http://www.arrahmah.com/news/2015/07/08/tetapkan-idul-fitri-17-juli-pp-muhammadiyah-minta-pemerintah-menghormati-perbedaan.html
  • http://news.okezone.com/read/2015/07/08/337/1178184/muhammadiyah-nu-pemerintah-lebaran-17-juli-2015


No comments:

Post a Comment

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..