Resep Ayam Goreng Presto

Resep Ayam Goreng Presto yang Enak - Hari minggu lalu, kami sekeluarga nyoba bikin ayam goreng presto untuk menu makanan di akhir pekan.Selama ini ibu saya cuma masak ayam dengan resep biasa saja,misalnya ayam goreng biasa,atau ayam di rendang atau ayam gulai.

Resep ayam goreng presto ini saya dapatkan dari buku resep yang saya beli di toko buku terkenal.Buku ini sebenarnya buku untuk peluang usaha aneka makanan untuk home insdustry.Tapi karena saya lihat resepnya sangat meyakinkan, maka tak ada salahnya saya coba resep ayam goreng presto itu.

Resep_Ayam_Goreng_Presto

RESEP AYAM GORENG PRESTO LEZAT :

Bahan Resep Ayam Goreng Presto :

  • Dua sendok makan air jeruk nipis
  • DUa lembar daun salam
  • satu btg serai..memarkan
  • tiga cm lengkoas
  • satu cm jahe
  • Santan kelapa sebanyak 800 ml
  • Sudah pasti AYAM nya dong … pilihan terbaik : Ayam kampung ,karena citra rasa yang enak dan gurihhhh

Bumbu Resep Ayam Presto :

  • 1/2 sendok teh : gula pasir
  • satu sendok makan : garam yg asin ( mana ada garam yg manis..?)
  • DUa cm Kunyit yg dibakar
  • Tiga bh Kemiri yg disangrai ( disangrai itu di goreng tanpa minyak ,itu kata ibu saya hehehe..)
  • Empat siung bawang Merah ( Baca : tips supaya gak pedes saat ngupas bawang merah )
  • Enam buah bawang putih  ( eh iya bener gak sih ..bawang putih katanya bisa bikin vampire takut ?)
  • Satu sendok teh : Ketumbar yg di sangrai ( udah tau kan arti sangrai ? )
  • Terakhir : Satu sendok teh ketumbar yg juga di sangrai… ( sangrai mulu yah perasaan ..?)

 

Alat Untuk Hidangan Ayam Goreng Presto :

  • Alat utama : Panci Presto. Ibu saya kreatif… beliau ikutan arisan ibu-ibu untuk dapetin panci presto yg mahal.itu.hehe.
  • Panci_Presto
  • Penggorengan untuk nggoreng..kalau ini kayaknya semua ibu punya nihhh
  • Pisau untuk motong ayam,baskom,sendok akan,sendok teh ….dll dahhhh

 

Cara Membuat Ayam Goreng Presto :

Langkah pertama : Potong dah tu ayam kampung menjadi potongan sesuai selera kita.Trus ayam yg udah dipotong2 itu di sirami ama jeruk nipis yang fungsinya untuk menghilangkan bau amis..(eh bener gak yah ? ).

Kalau udah dikasih jeruk nipis, diamkan atau bahasa kampungnya di "unkep" selama 20 menit an di kulkas ( kalao gak punya kulkas..boleh pake termos y g dikasih es..kalao gak punya termos es.. boleh dah tuh numpang ke teman  yg punya kulkas ..hehehe…Nanti setelah kira2 20 menit,angkat tuh ayam dari kulkas,lalu tiriskan dari air yg menempel.

Langkah Kedua, kita akan mengolah santan. Campurkan santan dengan bumbu-bumbu yg telah kita haluskan. ADUK rata semua bumbu dengan santan.Lalu masukkan ayam kedalam santan yg tekah dikasih bumbu tadi, dan biarkan selama satu jam…. weeeh nunggu lagiiii yeee.

Langkah Ketiga : Ambil Panci presto , masukkan ayam ke panci, lalu rebus tuh ayam selama dua jam… amboiiii..nunggu lagi makkk..

Langkah Ke empat . Setelah dua jam menunggu ayam di presto. Maka kini ayam siap untuk di GORENG . Gorengnya tentu pakai penggorengan, dan pakai minyak goreng merek : .. sebut gak yah merek minyak gorengnya ? soalnya kata ibu saya kalau pakai minyak goreng merek lain, suka gak empuk katanya. Soal minyak goreng, ibu saya emang fans berat dari saya kecil sama minyak goreng merek …… ( Sebut gak yah..?  ntar iklan lagi… kalo dibayar saya sebut dah ntar.. hehe)

Langkah Kelima : ..wahhhh.. yah udah..tinggal makan tuh ayam presto hasil resep ayam goreng presto dari buku.. cobain dan nikmatin. Kalo enak.. kirim ke saya.. kalo gak enak.. omelin yuk penerbit bukunya…hahaha…

2 komentar:

  1. Mantep kayaknya Cucok buat yg sakit gigi kayak saya.Paling anti makan ayam goreng, soalnya keras kalo udah dingin.Tapi kalau yang presto mungkin bisa jadi lain nih ceritanya.

    BalasHapus
  2. Kayaknya enak nih ayam groeng presto nya.Mau minta masakain ah ama emak ku..thanks juragan

    BalasHapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..