Mengganti Sholat Yang Ditinggalkan Lama

Cara Mengganti Sholat Fardhu Yang Dulu Pernah Kita Tinggal ( Tidak kita Kerjakan )

Artikel ini menginformasikan cara mengganti Sholat Yang dulu pernah kita tinggalkan, lengkap dengan penjelasan dari Ulama terpercaya.Mudah-mudahan dengan usaha kita menjaga ibadah kepada Allah SWT, kita akan tetap terlindung dibawah barisan umat yang di Rahmati Allah SWT.

Saking sibuknya ber bisnis internet atau bisnis online, ahirnya suatu waktu Sholat wajib kita tinggalkan.Atau mungkin karena lemah Iman, Sholat wajib tidak kita kerjakan.

Padahal salah satu kunci keberhasilan kita di dunia ini termasuk dalam kegiatan internet marketing adalah ber bisnis yang di ridhoi oleh Allah.SWT. Bagaimana mungkin kita akan berkah jika kewajiban Sholat saja kita tinggalkan ? Dan sunguh merugilah kita ,karena kegiatan internet marketing kita telah menghalangi kita dari beribadah kepada Allah SWT.

jangan_Tinggal_Sholat

Lalu bagaimana itu hukumnya terhadap Sholat wajib yang kita tinggalkan ?

Menurut Habib Munzir al Musawwa yang beliau mengambill ijtihad empat mazhab,bahwa wajib hukumnya mengganti Sholat fardhu yang pernah kita tinggalkan.

Pendapat jumhur ulama adalah : Qodha Fauran (Segera meng Qadha Sholat secara keseluruhan).

Wahh…itu kalau sedikit, kalau Sholat wajib yg kita tinggalkan jumlahnya banyak,sudah bertahun-tahun dan gak keitung lagi gimana caranya habib ?

Tentunya sangat berat sekali buat orang yang masih lemah imannya.Namun jika anda sedang membaca artikel ini,saya yakin anda sedang menuju puncaknya IMAN….Insya Allah…Amiiiinnn.

Habib Munzir menjawab :

Ada pendapat atau Qaul yg mengatakan bahwa jika kita mau bertobat sungguh-sungguh dan tidak pernah lagi meninggalkan Sholat wajib, maka Allah SWT akan mengampuni Sholat-Sholat nya yg pernah ditinggalkan.

Taaaapiii… kata Habib itu pendapat yang lemah….

Lalu gimana dong bib ?

Jalan tengahnya kata Habib Munzir, kita sebaiknya TETAP meng Qadha ( Mengganti ) Sholat yang pernah kita tinggalkan itu, semampu kita ,seingat kita yang kita tinggalkan, dengan cara saat kita akan Sholat sunnah ( Misalnya Sholat sunnah qobliah dan ba’diah ) maka kita boleh melakasankan Sholat qodha dengan tdk mengerjakan Sholat sunnah.Jadi Sholat sunnah nya kita gantikan dengan pekerjaan Qodho Sholat wajib yg kita tinggalkan.

Sholat sunnah tidak ada larangannya tidak dikerjakan karena digantikan dengan qodho Sholat wajib yang telah banyak hingga ratusan kali ditinggalkan.Yang tidak boleh itu kalau Sholat wajib yg kita tinggal hanya sekali saja.Misalnya hari ini kita dengan sengaja tidak Sholat dzuhur,maka pada saat Sholat Ashar kita harus menggantinya sebelum kita Sholat sunnat qobliah ashar.

 

Namun di akhir kalimatnya Habib yang mulia,menyampaikan bahwa jika telah banyaknya Sholat fardhu yang kita tinggalkan ,misalnya hingga bertahun-tahun… maka sesungguhnya Rosululloh SAW tidak menyukai kesulitan dan pemaksaan atas umatnya yang dicintai.

Saya pribadi lebih menyukai pendapat Habib yang sebelumnya , bahwa sebaiknya kita mengganti atau meng qodho Sholat wajib yang kita tinggalkan, ini demi menjaga kehati-hatian dalam beribadah dan menjaga kita tetap dalam barisan orang-orang yang menjaga imannya dan ibadahnya.

Wallahu a’lam bisshowab, hanya Allah yang tau nilai ibadah seseorang , bahwa hanya memohon ampunanlah terus menerus sehingga kita selamat dunia dan akhirat.

Wassalamu’alaikum

 

Sumber Referensi artikel : Mengganti Sholat Yang Ditinggalkan Lama : http://majelisrasulullah.org

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..