Pingback dan Trackback

Lebih Jauh Tentang Pingback-dan-Trackback

A rtikel Lengkap tentang Pingback dan Trackback ? Baca informasi Apa yang dimaksud Pingback dan Trackback di blog bahrul ulum dot com yang ditulis ekslusif buat kamu.

Pengertian Pingback dan Trackback

Apa Yang dimaksud Pingback ?

Pingback adalah sebuah cara me link Artikel yang kita tulis untuk menghubungkan nya ke artikel lainnya (atau ke artikel blog lain ). Jika link URL artikel blog lain yang kita masukkan di dalam artikel yang kita tulis , maka pemilik blog yang pingback nya diaktifkan, akan mendapat pemberitahuan bahwa ada pingback yang melink ke artikelnya.

Catatan : Untuk cara mengaktifkan pingback silahkan klik

Apa Yang dimaksud Trackback ?

Trackback membantu Kita untuk memberitahukan penulis lain bahwa Kita menulis sesuatu yang berhubungan dengan apa yang telah ditulis di blog-nya, bahkan jika Kita tidak memiliki link eksplisit (link yang terlihat)untuk artikelnya. Hal ini meningkatkan kemungkinan penulis lainnya melihat bahwa Kita telah memberinya kredit, atau bahwa Kita memperbaiki sesuatu yang ia tulis, atau yang serupa. Dengan pingback dan Trackback , maka blog akan saling berhubungan.

Lalu apa bedanya Pingback dan Trackback ?

Link dengan pingback akan terlihat di dalam artikel sebagai sebuah link eksternal yang jika di klik akan menuju artikel yang di pingback. Sedangkan Trackback , linknya bisa terlihat dan bisa pula tidak terlihat, karena ada fitur khusus untuk link trackback ini. Perbedaan Pingback dan Trackback lainnya adalah : Pingback akan langsung mem ping LINK ketika kita membuat link yang kita tulis menuju sebuah artikel lain. contoh :
http://www.bahrul-ulum.com/sungai-di-bawah-laut/ . , ketika saya membuat sebuah kata/kalimat dengan me link ke URL tersebut , maka nanti di dalam kolom komentar artikel itu akan muncul PING berupa komentar.

Sedangkan trackback mempunyai URL khusus yang selalu diakhiri dengan url-artikel/trackback/ . contoh :
http://www.bahrul-ulum.com/sungai-di-bawah-laut/trackback/

Masih bingung soal Pingback dan Trackback ini ??
Saya narasi kan dengan speaker pengumuman dan handphone. Sebutlah Pingback = speaker Dan Trackback= Handphone
Suatu ketika pak Salam ingin memanggil Budi sopir pribadinya , tapi tengok kanan dan kiri , dia tidak melihat BUDI yang tadi ada di dekat taman. Lalu pak Salam menggunakan handphone nya dan menelephon si BUDI yang nomor HP nya xxxxx . ….Nhaaaa…. Nomor handphone nya si BUDI ini yang kita sebut TRACKBAKS ( Mesti ada alamat khusus )
Cerita berlanjut, ternyata BUDI tidak juga mengangkat handphone nya , maka pak Salam meminta tolong resepsionis untuk memanggil Budi lewat speaker pengumunan , dan terdengarlah suara speaker dengan keras : “ Pengumuman.. untuk Pak Budi ..sopir pak Salam ,agar segera menuju ruang Lobi..ditunggu.”.…haaaaaaa..ini lah PINGBACKS. ( Langsung terdengar oleh si Budi ketika speaker bersuara )
Kedua nya sama2 memberitahu BUDI bahwa ia dipanggil, hanya cara dan medianya yang berbeda.
Mudah-mudahan cukup jelas ya..

Bagaimana cara Melakukan Pingbacks ?

Cara Ping ke Blog lain


Ping ke postingan di blog lain dari posting Kita sangat lah mudah. Yang Kita lakukan adalah membuat link ke URL artikel nya. contohnya , di artikel ini : cara-upgrade-wordpress-versi-2-8 , saya memping ke artikel mbak maya yang ada di http://rivermaya.wordpress.com/2009/04/05/problem-upgrade-wordpress-otomatis/ , silahkan lihat , ping saya muncul sebagai komentar di sana.

Cara Ping ke Blog Sendiri


Jika Kita membuat link menuju postingan yang di buat sebelumnya pada blog Kita, maka ini disebut ping ke artikel blog sendiri. Beberapa webmaster menyukai teknik seperti ini, yang lainnya tidak. Alasan untuk melakukan ping sendiri adalah bahwa jika seseorang membaca posting lama Kita dan memberi komentar, mereka akan melihat ping (link) artikel lain , dan bisa mengikuti apa yang ada di kiriman ping tersebut .

Jika kita igin membuat link yang dapat di klik , tapi tidak ingin melakukan ping blog sendiri , kita bisa membuat link seperti ini:
<a href=”/belajar-membuat-template-tahap-dua/”> belajar-membuat-template-tahap-dua </a>
Url ini masih menjadi link yang dapat di klik, tetapi tidak akan mengirim ping.
Contoh contoh link tanpa ping: belajar-membuat-template-tahap-dua

Cara Mengirim Trackback

Ada beberapa tahapan pekerjaan yang diperlukan untuk Mengirim Trackback ini.Masih menggunakan pos yang sama di blog WordPress,Pertama cari postingan di blog lain yang ada link ‘Trackback URI’ ( biasanya di bawah atau diatas artikel yang ada tulisan Trackback nya). JIka anda sudah menemukan ‘Trackback URI’ , maka Klik kanan pada link dan ‘Copy Link Location’. Kemudian Kembali pada dashbor blog Kita, sisipkan link yg tadi kita copy , ke kotak ‘Trackbacks’ yg biasanya ada di bawah kotak editor posting. Jika artikel anda sudah siap, maka tinggal publish, dan Trackback pun akan terkirim ke blog lain, dan trakcback anda akan tampil sebagai komentar jika disetujui(Di approve) oleh pemilik blog.

Catatan : Bentuk URL trackback harus seperti ini : http://URL-artikel/Trackback/

Catatan 2 : Ping dan Trackback tidak bisa dikirmkan secara bersama2 dalam satu artikel kita ke Artikel blog lain yg sama. Jika Kita mengirim keduanya ke satu tempat, maka Trackback akan gagal.

Catatan 3 : Trackback yang Kita kirim akan muncul jika pemilik blog menyetujuinya.

Bagaimana Cara Kerja Pingbacks

Dengan melihat bagaimana pingbacks bekerja, maka Kita bisa mencari tahu jika suatu saat PING tidak bekerja dengan benar.

1. Ketika posting diterbitkan, jika opsi default pingback adalah di aktifkan , maka pingme akan ditambahkan ke postmeta sebagai tombol aktif . Mengaktikan default pingback adalah dengan mencentang kotak “Attempt to notify any blogs linked to from the article ” pada halaman Setting -> Disscussion .

2. Artikel yg akan di Publish dan juga artikel yg dijadwal akan segera meng eksekusi pings dalam sistem wp-cron.

3. Ketika wp-cron menyala (Aktif), dia akan menjalankan pings terkait (do_pings ), yang terhubung untuk mengerjakan/ mengirim semua PING ( do_all_pings() ) .

4. Hal pertama yg dikerjakan oleh do_all_pings () adalah untuk mencari posting yang telah mentrigger _pingme pada do_all_pings () . Lalu untuk masing-masing ping yg terkirim itu akan menghilangkan _pingme dan “dilempar” ke fungsi pingback ().

5. Kemudian fungsi pingback () akan mencari dan menyaring post_content yg sesuai , dengan url masing-masing ping . Jika menemukan satu, maka akan terkirim sebuah ping XML-RPC .

6. Pada ping yang sukses, akan muncul URL di kolom ping dari pos yang diping ,hal ini untuk mencegah ketika mengedit post , agar tidak terjadi proses ping lagi.
Setiap kesalahan atau kerusakan proses dalam langkah-langkah di tahapan diatas akan menggagalkan proses ping.

Demikianlah artikel tentang Pingback dan Trackback , yg saya publish sebagai catatan pribadi dengan harapan semoga bermanfaat untuk anda.

Referensi :
- WordPress Codex
- tamba2-Sending Pings and Trackbacks
- Pingback technical specification
- Otto’s “How Pingbacks Work” explanation

Tagline :
  • pingback
  • pingback adalah
  • cara membuat trackback
  • mematikan pingback
  • pingback dari blog lain di approve
  • perbedaan trackback dan pingback
  • menghilangkan pingback pada wordpress
  • Menghilangkan nomor ponsel di hp
  • mematikan pingback di wordpress
  • beda trackback dengan backlink
  • mematikan fungsi ping pada wordpress
  • locate handphone
  • fungsi trackbacks
  • cara pasang trackback
  • cara menghilangkan fungsi komentar wordpress
  • cara buat trackback pada postingan wordpress
  • pingback wordpress

6 comments:

  1. wah terima kasih infonya..
    sangat berguna bagi saya dan rekan2 saya..
    smga makin meningkat..

    salam

    ReplyDelete
  2. kalo untuk menghapus Pingback-dan-Trackback gimana ya mas? saya sudahh menonaktifkan di dashboard tapi ga bisa juga,... makasih sebelumny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau maksudnya hapus pingback yg sudah muncul di sebuah halaman blog kita , caranya lihat di bagian coments, lalu cari komentar yang berupa pingback/trackback, kemudian delete.

      Delete
  3. turz lc buat blogspot gmna cara aktifkanx gan?? k untunganx n krugianx pa g??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Farid, untuk Blogspot secara default tidak ada fasilitas Trackback. Untuk Pingback , caranya bisa lihat disini :
      https://support.google.com/blogger/answer/42533

      Kentungan menmpilkan PIngback : Akan menambah kepercayaan pengunjung ,bahwa artikel kita banyak yang mengutip atau sebagai referensi.
      JUga akan semakin banyak blogger lain yang mau melinkback ke artikel kita , karena tau akan ada link balik ke artikel nya.
      Kerugian : akan semakin banyak LINK external yang ada di artikel kita.

      Delete
  4. makasih.. tapi masih bingung, kok bisa link blog kita otomatis di comment blog lain?

    ReplyDelete

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..