Tips Cara Menghemat Pengeluaran

Tips Cara Menghemat Pengeluaran - Apakah anda ingin agar anda bisa hemat dalam pengeluaran? Artikel ini Insya Allah akan menginformasikan untuk bagaimana cara menghemat pengeluaran anda.

Negara-negara besar seperti Amerika agaknya telah lupa bagaimana cara menabung dalam beberapa tahun terakhir ini .

Hemat_Pengeluaran_Uang

Saya katakan begini karena Amerika selama ini menganggap pasar saham adalah sebagai investasi yang terbagus , jika mereka perlu uang cash , mereka mengira bisa selalu menjual beberapa lembar saham atau dengan mengambil sedikit keuntungan pada reksa dana.

Kemudian, Amerika juga memandang bahwa investasi yang juga berprospek cerah adalah investasi dibidang rumah atau real estate yang dianggap bisa menjadi mesin uang yang akan selalu memberikan surplus kas pada saat itu juga, karena mereka beranggapan real estate “tidak pernah turun nilainya.”

Akan tetapi Semua itu telah berubah, setidaknya untuk saat ini. Orang akhirnya harus kembali menyadari betapa pentingnya untuk menghemat pengeluaran. Dulu ber hemat adalah salah satu dari budaya Amerika . Bahkan Benjamin Franklin salah satu presiden amerika pernah mengatakan, “Satu sen yang ditabung adalah satu sen yang akan kita terima.”

Seperti juga yang nenek kakek ajarkan kepada kita , bahwa menghemat pengeluaran adalah salah satu jalan untuk menambah kekayan dan untuk cadangan bekal jika kelak ada hal mendesak .

Kita tidak bisa berharap bahwa semua yang kita dapatkan hari ini atau lusa , akan mampu memberikan daya tahan untuk hidup di dunia yang semakin individualis ini. Kita tidak bisa berharap bahwa semua yang telah kita kerjakan akan selalu berhasil.

Bahkan kita tidak tau jika esok terjadi bencana , baik yang langsung menimpa kita atau yg tidak langsung. Nah peran Tabungan lah yang akan mampu mem backup peristiwa-peristiwa tidak terduga ini.

Benjamin Franklin adalah benar ketika ia menulis: ” Kebahagiaan Manusia tidak dihasilkan dari keberuntungan besar yang memang jarang terjadi, tapi dari keuntungan sedikit yang dihasilkan setiap hari.”

Dan bagian yang terbesar dari semua “keuntungan kecil yang dihasilkan setiap hari” adalah tindakan sederhana menghemat uang. Yang pada gilirannya, mengharuskan anda untuk menjadi lebih hari-hati dalam mengatur pengeluaran, belanja dan tabungan yang cukup.

Berikut adalah beberapa Tips cara menghemat keuangan Anda .Jika dilakukan sendiri-sendiri akan menghemat beberapa point saja ; tapi jika dilakukan oleh seluruh anggota keluarga bersama-sama, maka tentu akan menghemat lebih banyak dari yang kita kira.

Tips Cara Menghemat Pengeluaran 1 : Berkendara yang lebih efisien.


Menjalankan kendaraan dengan kecepatan standar menurut data survey , yang paling menghemat bahan bakar adalah pada kecepatan sekitar antara 70-80 km per jam , hal ini akan menghemat uang Anda (jika misal anda biasa mengemudi dgn kecepatan 100 km /jam atau lebih ) yang nilai penghematan nya setara dengan sekitar Rp 500 s/d Rp 1000 per liter, yang pada akhirnya dapat menghemat beberapa juta rupiah per tahun ke kantong Anda.

Sebelum Anda men starter mobil Anda, sebaiknya anak-anak atau penumpang lainya telah siap duduk ,dan lakukan lah segala persiapan lain untuk mengemudi. Ini akan menghemat beberapa menit ‘ pemakaian bensin setiap hari.

Dan jangan biarkan mobil Anda terlalu lama hidup tapi tidak jalan (Idle), jika Anda tahu bahwa Anda harus menunggu lebih dari beberapa menit, sebaiknya matikan dulu mesin kendaraan anda .

Tips Cara Menghemat Pengeluaran 2 : Menghemat pemakaian energi listrik

Matikan semua lampu yg tidak terlalu diperlukan, terlebih disiang hari . Di musim kemarau, bagi yang mempunyai pendingin udara(AC) sebaiknya aturlah pada maksimal 30 derajat atau yang menurut anda cukup (jagan terlalu dingin) agar power tidak terlalu banyak pemakaiannya.

Jika anda punya televisi dimasing2 kamar , sebaiknya cukup aktifkan satu saja untuk seluruh keluarga.Ini akan menghemat beberapa ratus ribu lagi dari sisi pengeluaran biaya listrik

Letakkan es di kulkas. Jangan sering-sering membuka Kulkas jika tidak diperlukan, oleh sebab itu, sebelum membuka kulkas , sebaiknya fikirkan untuk hal apa yang sekaligus ingin anda masukkan atau ingin anda keluarkan. Sebab Setiap kali Anda membuka pintu lemari es, maka kulkas akan bekerja lebih keras. Saya kira sebuah keluarga yang sadar tentang cara membuka kulkas dapat menghemat sekitar 5000 rupiah per minggu, atau 250 ribu rupiah per tahun.

Kemudian soal transportasi , Jika memungkinkan Berjalan kaki atau bersepeda lah untuk menuju ke tempat kerja. Kalau memang layak, berjalan atau bersepeda, bukan memakai kendaraan bermotor atau membayar bus atau kereta api, ini dapat menghemat pengeluaran .

Tips Cara Menghemat Pengeluaran 3 : Menghemat Biaya makan

Jangan membeli makan siang setiap hari. Sebaiknya buat dan bawalah sendiri dari rumah untuk makan siang di tempat pekerjaan. Atau kita bisa bekerja sama dengan beberapa teman, dengan masing-masing dari Anda membawa makanan sendiri , nantinya antara sesama teman kita bisa berbagi , ini bahkan bisa membuat suasana lebih semakin akrab.

Ada satu kantor yang pernah saya datangi , disana ada semacam urunan(Patungan) dengan seluruh pegawai memberikan sejumlah uang dalam masa lima hari kerja. Uang itu dipakai untuk belanja bahan mentah untuk dimasak. Dan secara bergilir ,mereka bergantian memasak makanan sendiri, lalu secara bersama2 makan di siang hari.

Dan menurut mereka ini bisa menghemat uang sampai 30- 50 % dibanding beli makanan di warung atau restoran..

Untuk Mengurangi makan di luar dan supaya kita bisa memasak sendiri , maka tak ada salahnya kita Mengambil kursus memasak. Kita akan memperoleh keahlian dan resep yang dapat Anda gunakan untuk membuat makanan yang lebih baik di rumah Anda sendiri daripada di restoran , dan Anda akan dapat membuatnya dengan harga yang sangat lebih murah.

Usahakan untuk Tidak berbelanja dalam keadaan perut kosong. Karena , berjalan ke supermarket ketika anda lapar dapat membuat Anda lebih cenderung untuk membeli makanan yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan .

Note : Menurut US Bureau of Labor Statistics, rumah tangga Amerika pada umumnya menghabiskan $ 6,133 ( sekitar Rp 60 Juta) per tahun untuk makanan, 44% dari makanan dibeli di luar rumah. Suatu data yang sangat mahal untuk hanya memanjakan perut kita…!!

Tips Cara Menghemat Pengeluaran 4 : Menghemat Biaya Hiburan

Daripada menghabiskan banyak uang untuk menonton di bioskop , akan lebih banyak menghemat jika kita menyewa DVD. Selain lebih murah , toh kita bisa menoton sesuka kita dengan seluruh anggota keluarga atau bahkan untuk orang satu Kampung. Jika anda type orang yang suka nonton film di bioskop , maka Anda bisa menghemat banyak.

Tips Cara Menghemat Pengeluaran 5 : Menghemat Biaya Extra

Jangan mendaftar untuk asuransi, atau jaminan tertentu yang tidak begitu perlu. Hindari biaya ekstra ini untuk hal seperti peralatan elektronik – terutama pada hal-hal seperti ponsel, yang Anda mungkin tidak akan mengalami kehilangan atau kerusakan ,dan biasanya alat-alat teknologi ini hanya digunakan untuk beberapa tahun saja .

Jika anda punya kartu kredit , maka kelola pengeluaran kartu kredit dengan hati-hati dan cermat. Akan lebih bijak jika kita Membayar dengan uang tunai atau cek bila memungkinkan. Kartu kredit sebaiknya hanya kita gunakan untuk beberapa hal, seperti pembelian online, sewa mobil dan tiket pesawat.

Dan sebenarnya akan lebih baik jika kita tidak memiliki sama sekali kartu kredit itu . Bahkan ada beberapa pakar penasihat keuangan yang menyarankan agar kita menggunting kartu kredit yang kita punya.

Demikain Tips Cara Menghemat Pengeluaran untuk lebih memperbanyak jumlah tabungan kita. Ini hanya beberapa tips untuk penghematan yang saya sarikan dari beberapa sumber .Jika Anda memiliki saran lain, silahkan utarakan saran favorit Anda agar kita bisa saling berbagi .

Semoga bermanfaat

Tagline :
  • cara menabung yang benar
  • tips menabung yang baik
  • cara menghemat pengeluaran
  • cara menghemat keuangan
  • cara menabung yang baik
  • Cara menghemat
  • Menghemat pengeluaran
  • cara menabung di rumah
  • Tips menghemat keuangan
  • cara menabung yang aman
  • cara menghemat uang yang baik
  • Tips menabung yang benar
  • Cara menabung dirumah
  • cara mengatur pengeluaran uang
  • CARA MENABUNG YANG EFISIEN
  • kiat2 marketing
  • tips menghemat pengeluaran
  • bagaimana cara menabung yang baik
  • tips menabung yg sederhana
  • tips menabung
  • menghemat keuangan

1 komentar:

  1. Yang sulit untuk saya dibagian menghemat pengeluaran listrik tuh bos.SOalnya anggota kelaurga banyak banget...masing2 pada punya kepentingannya sendiri2...tapi thanks atas tips hemat nya.

    BalasHapus

Maaf Juragan,Bos-bos, Komentarnya jangan spam yah. Yang Komentnya spam tdk akan saya tampilkan. Yang ada Link di Komentar juga tdk akan saya tampilkan.Trimakasih atas pengertiannya.
Apa itu Komentar Spam menurut saya?
Silahkan lihat disini : Contoh SPAM..